Tips Sukses Wawancara Kerja
Proses wawancara kerja atau yang sering kita sebut sebagai interview, merupakan tahapan penting ketika kita melamar suatu pekerjaan. Hal ini bisa menjadi proses yang paling ditakuti oleh para pelamar kerja. Biasanya para pelamar gagal dalam tahapan ini karena terlalu gugup sehingga tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara. Sayang sekali apabila tahapan yang telah pelamar rintis mulai dari seleksi administrasi dan psikotest harus berhenti karena pelamar gagal melewati tahapan wawancara. Dalam artikel ini akan dibahas “Tips Sukses Wawancara Kerja” dengan harapan, Anda para pelamar dapat lulus dalam proses wawancara kerja (HRD maupun Direksi).
Berikut adalah tips sukses wawancara kerja :
1. Datang Lebih Awal
Datanglah setengah jam hingga satu jam sebelum jadwal wawancara yang
sudah diberikan. Dengan datang lebih awal Anda akan merasa lebih tenang.
Selain itu, Anda juga dapat merapikan penampilan Anda
terlebih dahulu. Pastikan Anda mengetahui letak perusahaan tempat Anda
diwawancarai hari sebelumnya sehingga pada hari-H wawancara, Anda tidak
harus bingung mencari-cari alamatnya. Apabila pada hari yang dijadwalkan
Anda tiba-tiba tidak dapat hadir, pastikan Anda untuk menghubungi
sehari sebelumnya untuk memberikan kabar dan mengajukan permohonan ganti
hari.
2. Berpenampilan yang Sesuai
Sesuaikan penampilan Anda dengan jabatan yang dilamar. Usahakan untuk
tampil rapi dan dinamis, jangan terlihat berlebihan dan ribet. Apabila
Anda mendaftar sebagai executive di perusahaan, kenakanlah pakaian formal yang sesuai seperti kemeja dan blazer dengan warna-warna netral.
Apabila Anda bekerja di bidang seni atau sejenisnya, Anda bisa
mengenakan pakaian yang lebih kasual namun tetap rapi dan menarik
lainnya.
3. Ceritakan Diri Anda
Ini adalah pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh para
pewawancara. Apabila Anda mendapatkan pertanyaan ini, jawablah dengan
tenang dan jelas. Ceritakanlah mengenai latar belakang pendidikan Anda,
pengalaman kerja, dan hobi Anda. Ceritakan poin penting dalam diri Anda,
yang dapat menjadi pertimbangan bagi pewawancara untuk merekrut Anda
dalam bagian perusahaan. Tidak perlu bertele-tele, namun pastikan Anda
menjawabnya dengan tegas dan meyakinkan.
4. Siapkan Visi dan Misi
Siapkan visi dan misi diri ke depan. Letakkan perusahaan tempat Anda diwawancarai menjadi step utama untuk meraih mimpi Anda ke depan.
Anda harus mempunyai target yang jelas. Apabila bisa memberikan visi
yang baik dan jelas, perusahaan akan dengan senang hati menerima Anda.
5. Jawaban Tentang Gaji
Bagi Anda para fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja,
mungkin Anda belum bisa meminta taraf gaji sesuai dengan keinginan Anda.
Namun Anda harus yakin, bahwa gaji akan berbanding lurus dengan hasil
kerja Anda. Apabila Anda bisa memberikan kontribusi yang baik, tentu
gaji akan bertambah sesuai dengan prestasi Anda. Namun Anda tetap dapat
menentukan gaji minimal Anda. Bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman
kerja, Anda dapat menentukan kisaran gaji yang Anda inginkan. Usahakan
untuk tidak menyebut angka yang spesifik. Misalkan 4-8 juta rupiah.
6. Bahasa Tubuh
Hal ini adalah hal yang paling sering dilupakan oleh para pelamar.
Karena terlalu gugup biasanya para pelamar akan lupa bagaimana bersikap
yang baik dan sesuai saat menghadapi wawancara. Usahakan saat memasuki ruang wawancara, sapalah pewawancara dan ulurkan tangan Anda pada mereka.
Hal itu akan member kesan Anda bersahabat dan ramah pada orang lain.
Duduklah dengan tegak dan sopan. Letakkan tangan dipangkuan Anda atau di
atas meja. Pastikan pandangan mata Anda tertuju pada pewawancara dan
jangan lupa tersenyum. Apabila merasa gugup ambilah nafas terlebih
dahulu sebelum bicara, jangan mengetuk-ngetukkan tangan Anda ke meja
atau menggoyang-goyangkan kaki Anda. Hal itu bisa menjadi poin negatif
bagi Anda.
Demikian tips sukses wawancara kerja. Semoga Anda bisa melewati
proses wawancara dengan baik sehingga mendapatkan pekerjaan impian Anda.
Selamat mencoba!
sumber : http://ciricara.com/2014/09/05/tips-sukses-wawancara-kerja/
0 comments:
Post a Comment